Senin, 21 Desember 2015

Cara Merubah File Word, Excel, PowerPoint PPT, JPG Ke PDF Online Tanpa Software

Berjibaku.com - Dalam mengerjakan berbagai tugas, baik tugas yang diberikan oleh sekolah, tugas perkuliahan maupun tugas kantor, terkadang membutuhkan berbagai bentuk dokumen soft copy.

Hal ini penting, terutama pada saat harus membuat sebuah presentasi maupun sebuah proposal penawaran kepada klien. Presentasi dan proposal ini umumnya dalam bentuk PowerPoint (PPT) maupun PDF file (Adobe Acrobat Reader).

Dikarenakan kebutuhan tersebut, akhirnya banyak orang yang kemudian menginstal berbagai macam software converter (pengubahan ekstensi file), padahal untuk merubah sebuah ekstensi file menjadi ektensi lainnya sebenarnya tidak terlalu rumit. Bahkan tanpa harus menggunakan software pun Anda dapat melakukannya.

Caranya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi berbasis web (web based) yang beralamat di smallpdf.com. Di website ini, Anda dapat melakukan perubahan file dari ekstensi yang satu ke ekstensi yang lain dengan sangat mudah. Misalnya, merubah file Microsoft Word ke PDF, Excel ke PDF, PowerPoint PPT ke PDF, JPG ke PDF atau bahkan dari PDF ke file ekstensi lainnya secara online tanpa menggunakan software. Bahkan untuk melakukannya, Anda tidak perlu registrasi terlebih dahulu. Fase ini tentu sangat memakan waktu. Akan tetapi, tanpa adanya proses registrasi maupun login, tentu penggunaannya jauh lebih fungsional dan mudah bukan?.

Untuk merubah dari satu file ke file yang lain caranya sangat mudah. Anda hanya perlu untuk memilih jenis file asal untuk diunggah dan dijadikan file dengan ekstensi lainnya. Caranya adalah dengan memilih menu berbentuk kolom yang berwarna-warni (lihat gambar dibawah). Selanjutnya adalah memilih salah satu kolom tersebut, lalu upload file yang ingin dirubah ekstensinya. Agar lebih mudah, Anda dapat langsung mempraktekkannya dengan 6 langkah mudah berikut ini:

1. Masuk ke halaman smallpdf.com

2. Pilih salah satu menu yang disediakan

Cara Merubah File Word, Excel, PowerPoint PPT, JPG Ke PDF Online Tanpa Software
Gambar layout halaman smallpdf (FOTO:smallpdf.com)

3. Upload file yang ingin dirubah ekstensinya

Cara Merubah File Word, Excel, PowerPoint PPT, JPG Ke PDF Online Tanpa Software
Gambar layout halaman smallpdf (FOTO:smallpdf.com)

4. Tunggu beberapa saat untuk website memproses perubahan ekstensi file

5. Unduh dan simpan file yang sudah di ganti ekstensinya kedalam komputer/laptop

6. Selesai

File Anda pun kini sudah berganti ekstensi dan dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai macam tugas sehari-hari yang Anda lakukan. Untuk mengunjungi halaman tersebut, Anda bisa langsung mengetikkan alamat smallpdf.com pada browser Anda.

Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat bagi teman maupun kolega Anda, Anda dapat juga membagikan info ini kepada mereka, yaitu dengan membagikan artikel ini ke social media yang Anda miliki. Caranya adalah dengan klik tombol "Facebook" atau "Twitter" di akhir artikel ini, atau bisa juga dengan bookmark halaman ini dengan menekan tombol CTRL+D untuk dikunjungi kembali, atau Klik Like Halaman Facebook untuk sukai FansPage Berjibaku dan mengikuti update lainnya dari blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar