Selasa, 20 Januari 2015

Bagaimana cara halus menolak pernyataan cinta seseorang tanpa menyakiti perasaan?

Bagaimana cara halus menolak pernyataan cinta seseorang tanpa harus menyakiti perasaannya?. Adalah sebuah bentuk pertanyaan yang biasanya cukup sering terlontar dari teman, sahabat atau bahkan dari diri kamu sendiri manakala menghadapi problema cinta yang satu ini. Sebagai seorang manusia, tentunya hampir bisa dipastikan kita semua pernah mengalami momen mengungkapkan perasaan mau pun menerima ungkapan cinta/sayang dari orang lain.

Jika memang keadaannya sama-sama saling suka berarti memang tidak ada masalah. Tapi jika ternyata kamu tidak memiliki perasaan apa-apa tentu itu adalah hal yang berbeda kondisinya. Jika kamu berada di situasi yang demikian itu, tentu langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah memberikan penolakan. Terlebih lagi jika orang tersebut memang bukan tipe pria atau wanita yang kamu sukai, pasti dengan gampangnya kamu bakal bilang "aku tidak suka kamu".

Namun tentunya sikap yang demikian itu bukanlah tindakan yang terpuji sebab, baik disengaja maupun tidak disengaja kamu bisa saja menyakiti perasaan seseorang. Hal yang paling baik tentunya adalah jika kamu bisa memberikan alasan penolakan tanpa harus menyakiti perasaan orang yang menyatakan perasaannya kepada kamu, terlebih lagi jika ternyata orang yang memiliki perasaan tersebut tak lain adalah sahabat kamu sendiri. Kamu pasti tidak menginginkannya bukan?.

Menarik untuk dibaca: #Aneka kata mutiara untuk sahabat

Kondisi tersebut bisa dibayangkan seakan-akan kamu mesti berdiri diantara dua sisi, dimana di satu sisi kamu harus jujur terhadap perasaan kamu sendiri namun di sisi lainnya kamu juga harus merangkai kata-kata yang baik guna mengutarakan maksud kamu yang sebenarnya. Inilah salah satu problem yang mesti kamu pikirkan baik-baik sebelum kamu putuskan untuk mengambil sebuah tindakan.

Utamanya lagi, akan sangat bijak jika kamu tidak membohongi diri kamu dengan berkata cinta padahal sebenarnya tidak hanya karena alasan takut menyakiti perasaannya. Tapi percayalah, justru kebohongan kamu itu hanya akan lebih dalam lagi menyakiti perasaannya jika suatu saat nanti ia telah menyadari keadaan yang sebenarnya. Disamping itu kamu juga seperti menjerumuskan diri kamu sendiri ke dalam sebuah hubungan cinta yang tak pernah berujung bahagia. Nah, inilah problem yang mestinya bisa kamu cegah sejak dini.

Bagaimana cara halus menolak pernyataan cinta seseorang tanpa menyakiti?
Ilustrasi cara halus menolak pernyataan cinta (image: troll.me)

Nah, jika dalam kondisi seperti ini lalu apa kira-kira ucapan apa yang akan kamu katakan kepada orang yang menyatakan perasaannya kepadamu?. Berikut beberapa referensinya.

1. "Andai saja aku bisa mengatakan hal yang sama"
Jika kamu merasa yakin bahwa jika kamu memang tidak memiliki perasaan yang sama kepadanya, maka akan lebih baik jika kamu jujur. Semakin awal dia tahu bagaimana perasaan kamu kepadanya maka akan semakin terbuka kesempatan baginya untuk move on. Hal yang paling kamu hindari adalah jangan pernah memberikan harapan kosong kepada dirinya.

2. "Mungkin aku bukan orang yang tepat buat kamu"
Kalimat ini memang terdengar klise, tapi sebenarnya masih cukup ampuh untuk kamu utarakan kepada orang yang tidak kamu sukai tanpa harus menyakitinya. Cobalah ungkapkan beberapa alasan yang sifatnya kontradiksi dengan kepribadiannya. Misalnya, "Temen aku banyak banget segudang, jadi aku takut kalau aku gak punya waktu yang cukup buat kamu", "Kamu tau kan kalau aku ini orangnya agak acuh terhadap hal-hal yang berkaitan dengan perasaan, makanya untuk saat ini kamu lihat kan aku masih sendiri".

3. "Aku punya cita-cita yang ingin aku raih, jadi aku ingin fokus berkarir dulu"
Jika kamu menggambarkan diri kamu sebagai pekerja yang super sibuk, maka jawaban ini cocok banget buat kamu. Dia juga pasti mengerti karena ia juga memiliki gambaran yang sama terhadap kamu.

4. "Kamu tuh udah aku anggap seperti kakak/adik/sahabat buat aku"
Kalimat ini bisa dikatakan paling sering dilontarkan oleh seseorang yang menolak pernyataan cinta. Keampuhan dari kalimat ini hampir mencapai 98%, oleh sebab itulah kalimat penolakan cinta ini paling sering didengar, terutama di kalangan para ABG.

5. "Kamu tuh terlalu baik buat aku"
Kalimat ini adalah kalimat penolakan khusus yang hanya boleh diutarakan kepada seseorang yang memang benar-benar telah dikenal baik. Jangan sampai orang yang baru 1-2 hari kenal dengan kamu terus kamu bilang "aku gak bisa sama kamu karena kamu tuh terlalu baik buat aku". Kalau seperti ini bisa-bisa dia menganggap kamu itu orang yang absurd. Akan lebih maksimal lagi jika kalimat ini kamu katakan dengan berlinangan air mata agar lebih meyakinkan. Jangan lupa setelah mengatakan kalimat ini kamu langsung pergi menghindar, misalnya langsung buru-buru masuk ke kamar atau ke tempat dimana kamu bisa pergi menjauh sehingga kamu gak perlu capek-capek memberikan penjelasan lebih jauh terhadap jawaban kamu ini.

6. "Sebenarnya aku sudah menjalin hubungan dengan orang lain di luar negeri"
Cara ini akan lebih ampuh kalau kamu punya teman orang bule di kantor atau kampus kamu. Biar semakin meyakinkan, coba deh kamu minta teman kamu itu untuk foto bareng terus sekalian di upload ke Facebook, Twitter atau Path. Di jamin deh pasti berhasil.

7. "Aku belum siap untuk berkomitmen, aku takut sakit hati lagi"
Nah, kalimat ini biasanya dikatakan oleh seseorang yang pernah trauma dengan hubungan asmara. Tapi sebenarnya bisa juga kamu gunakan meskipun kamu belum pernah pacaran sama sekali. Toh dia juga gak akan tau. Yang perlu jadi catatan adalah kalimat ini hanya berhasil jika kamu mengekspresikan mimik wajah secara total saat memberikan pernyataan ini kepada orang yang ingin kamu tolak cintanya.

8. "Aku belum boleh pacaran sama orang tua aku"
Kalimat penolakan cinta ini cukup jitu. Apalagi jika membawa embel-embel orang tua, pasti siapa pun orangnya akan mundur. Jika masih ada sebagian orang ada yang cukup tahan dengan penolakan ini, coba deh kamu lontarkan kata-kata sakti selanjutnya, "Aku belum boleh pacaran sama orang tua aku..dan kamu tau kan kalau aku ini orangnya patuh banget sama omongan orang tua karena aku percaya kalau kata-kata orang tua itu pasti baik buat anaknya".

9. "Aku ingin fokus sekolah/kuliah dulu"
Kalau kamu masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, sepertinya kalimat ini cukup tepat buat kamu lontarkan kepada orang yang kamu tolak. Sebagai bukti konkrit atau penguat alasan, kamu juga bisa lampirkan fotokopi nilai UAS kamu yang jeblok, nilai ulangan bahasa Inggris kamu yang mesti di remed dan segudang bukti-bukti otentik meyakinkan lainnya.

10. "Langsung nangis"
Kalau kamu punya skill wannabe bintang sinetron, cara yang satu ini pasti bakalan jadi jurus jitu. Nah, saat seseorang yang tidak kamu suka menyatakan perasaannya kepadamu, kamu tidak usah mengatakan apa-apa. Cukup nangis saja yang kencang sambil berlari pergi. Dia pasti akan bingung, tapi gak apa-apa karena itu baik buat kamu karena kamu gak perlu susah payah merangkai kata-kata atau dialog yang panjang. Cukup nangis terus kabur deh. Simpel kan?.

Nah, itulah beberapa cara penolakan cinta yang halus yang bisa jadi referensi kamu. Buat kamu yang pernah punya pengalaman menolak atau ditolak cintanya oleh seseorang, bisa juga berbagi pengalamannya disini dengan berkomentar di kotak komentar atau di halaman Facebook Berjibaku.com disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar